Blinking Cute Box Panda -->

Cursor

Cute Unicorn

Senin, 02 Juli 2018

Operasi Gigi Bungsu Bius Total Pakai BPJS (part 2)

Maaf guys, part 1 nya kepanjangan, jadi saya pecah ke part 2 ya...
Untuk yang belum sempet baca part 1 nya, bisa dibaca di sini


Nah... setelah disuntik tes alergi dan tidak ada reaksi apa2 (duh inget sakitnya amit2 dehhh... padahal jarumnya tipis banget tapi sakitnya bikin pengen nendang2 orang deh!), saya dibawa masuk ke ruang operasi.
Saya udah pasrah, deg2an, ga karuan banget rasanya. Saya kira untuk operasi gigi hanya akan menggunakan kursi dokter gigi, ternyata seperti yang di film2. Komplit kaya operasi beneran! Yaaa... emang operasi beneran sih sebenarnya.. di dada saya dipasang alat cek denyut jantung yang seperti di film2 itu. Deg deg degggg......

Dokter anestesi menunjukkan 4 tabung suntikan besar. Asistennya memegang penutup hidung seperti alat oksigen itu loh. Saya masih ingat sempat menanyakan “itu obat apa aja dok?”
Dan setelah itu saya ga ingat apa2 lagi.........



Suara alat kedokteran yang bunyinya “tut tut tut” adalah suara yang pertama saya dengar ketika sadar.  Saya sadar jam 3 sore, dan operasinya selesai jam 1 siang. Berarti saya tidur nyenyak selama itu! Swear, tidur ternyenyak saya seumur hidup. Hahaha...
Saya belum benar2 sadar tapi saya bisa merasakan pipi saya bulat seperti baso. Ternyata mulut saya disumpal dengan banyak sekali kapas dan kasa untuk menahan darah. Saya ingin berbicara tapi tidak bisa karena tersumpal. Jadi saya cuma bisa nangis aja. Mau manggil suami dan orang tua  saya yang saya liat ada di depan ruang pemulihan aja ga bisa. Saya cuma bisa mukul2 kasur sambil nangis kaya di drama korea. Hahahhaa

Setelah saya dianggap stabil, saya dibawa lagi ke ruang rawat biasa. Mungkin karena pengaruh obat bius, rasanya saya teler banget dan saya tidur nyenyak sepanjang malam. Suami saya yang kerepotan membersihkan air liur saya waktu tidur, yang bukannya liur tapi darah yang keluar. Iyuhhhh... tapi thanks pisan suami! The best deh!

Oh iya ini penampakan gigi saya yang dicabut lewat operasi ini :



Saking tenggelam di bawah tulang, kata dokter tulang rahang saya dibor, lalu gigi saya dipotong kecil2, baru diambil 1 per 1. Ngebayanginnya aja udah ngilu yaaa...


Besoknya, sehari setelah operasi, dokter dari departemen bedah mulut datang pagi2 untuk bersihin mulut saya. Darah semuaaa... tapi beliau telaten banget. Saya masih bisa berbicara walau ga jelas kaya bayi baru belajar ngomong. Pipi saya bengkak, tapi kata dokter itu pipi saya akan lebih bengkak dalam 2-3 hari ke depan.
Setelah di cek hasil operasian dan kondisi saya, saya diperbolehkan untuk pulang hari itu. Tidak lupa saya diberikan obat2 dan wejangan2. Dan hore... saya boleh pulang!

Akhir kata, saya sangat berterima kasih untuk BPJS dan tim dari RSHS dengan pelayanannya yang sangat baik. Tidak ada kata diskriminasi untuk pasien BPJS. Memang prosesnya cukup panjang dan perlu kesabaran dan waktu, tapi itu semua terbayarkan dengan pelayanannya kok! Ketika mau pulang saya sempat melihat kwitansi biaya yang ditanggung oleh BPJS, dan total +/- 15juta ditanggung FULL oleh BPJS. Ini benar2 sangat membantu dan bermanfaat. Rasa lelah selama proses pengantrian sampai akhir rasanya hilang. Setelah saya hitung2, biaya yang saya keluarkan dari kantong pribadi itu hanya CBCT-scan yg opsional itu dan rontgen gigi di Pramita setelah cabut gigi di Elim, termasuk biaya transportasi ya. Sisanya gratissss... Terima kasih BPJS!


Sedikit tips dari saya :
1. Sabar! Saya beberapa kali hampir habis sabar loh. Tapi untung masih sabar, karena semuanya terbayarkan dengan sangat baik.
2. Puas2in makan enak sebelum operasi karena saya pribadi membutuhkan waktu hampir 1 bulan untuk bisa menikmati makan enak lagi.
3. Setelah operasi, kamu cuma bisa makan makanan yang dihaluskan. Saya waktu itu makan jus bubur kacang hijau. Kebayang kan bubur kacang hijau, terus di jus lagi biar halus. Atau susu Ensure juga recommended. Sabar2in selama seminggu yah! Dan pastikan jangan menggunakan sedotan karena gerakan menghisap bisa membuat jahitan operasi terbuka.
4. Seminggu setelah operasi, jahitan bisa dicabut ke dokter gigi di RSHS. Gratis juga kok:
5. Setelah jahitan dicabut, kamu bisa belajar makan padat pelan2. Tapi jangan terlalu dipaksakan yah, kasihan gigi dan gusinya! Hehehe
6. Sering2 kumur air hangat dan antiseptik, itu mempercepat penyembuhan.
7. Sebisa mungkin tahan sakitnya ya, jangan terlalu ketergantungan dengan obat penahan sakit karena efek sampingnya kurang bagus ke depannya.
8. Kalau saya karena dekat jalur syaraf, dagu saya baal/mati rasa setelah operasi. Dan sampai sekarang masih terasa sedikit baal. Perbanyak minum vitamin untuk kesehatan syaraf yah!
9. Ambil cuti/bed rest minimal 3 hari setelah operasi. Kalau saya pribadi sih 1 minggu karena efek obat bius yang dahsyat, saya sampai tidak bisa duduk atau berdiri lama2 selama 2 minggu pertama karena cepat pusing. Setelah itu saya merasa sedikit lemot selama +/- 1 bulanan. Hahaha


Dannn ini bonusnya... penampakan H+4!


Sama yang ditembem2in aja masih menang saya. Hahahaha! Padahal itu saya diem aja loh!

69 komentar:

  1. Kak, waktu pertama dirujuk ke immanuel. Tapi jadinya di operasi di RSHS ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama aku dirujuknya ke RSGM Riau sis... soalnya kita ga bs milih mau dirujuk kemana :)

      Hapus
  2. Terimakasih infonya, saya baru di rujuk dr rsgm riau, ke RSHS, 19 nov sy sudah daftar online di rshs, mau tanya apa untuk ronsen thorax dan tes darah, kita harus daftar online lagi ? Juga untuk dokter anastesi dan dalam harus daftar online lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo... untuk ronsen thorax dan tes darah tidak usah daftar online. nanti dikasih surat pengantarnya dari departemen bedah mulut, tinggal kita langsung ke lab saja.
      untuk dokter anestesi dan penyakit dalam waktu itu aku tidak daftar online, tapi langsung berdasarkan rujukan. semoga bs membantu ya :)

      Hapus
    2. Halo kak maaf mau nanya hasil rontgen Dan lab darah dikasih kemana ya supaya dpt rujukan ke dokter anestesinya?

      Hapus
  3. kak. kaka dulu banyak sariawan ga setelah operasi? terus ga ngerasain sakit lg sampe brp lama? bengkaknya jg ilang brp lama? sy kmrn baru operasi tgl 23.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untungnya aku ga ada sariawan sama sekali setelah operasi. aku bener2 ga ngerasa sakitnya setelah hampir 1 bulan, baru bisa makan normal seperti sebelumnya. bengkaknya sekitar 1-2 minggu juga hilang kok. semoga cepat pulih ya! :)

      Hapus
  4. Hai kak mau tanya , habis oprasi itu ga ada sakit apa apa beneran? perih linu gt?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo... kalo aku sih ga ngerasa sakit gimana2 karena mungkin masih ada pengaruh obat bius dan penahan sakit... tapi setelah pulang dr RS, aku memang selalu minum obat penahan rasa sakit sampai aku ngerasa bisa tahan tanpa obat :) yg lebih kerasa linu nya sih kak :)

      Hapus
  5. berarti sakitnya berhari hari pasca oprasi ya kak? duh jadi takut, rncna 9 mei aku mau oprasi nih :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenernya iya kak, tapi kan dikasih obat penahan sakit juga kak, jd kakak tenang aja...
      wah semoga lancar yah kak untuk operasi nya... jd operasi dimana kak?

      Hapus
    2. cabut jahitan seminggu dr oprasi ya? udah gt masih sakit ga kak? aku di RSHS nih sama..stelah proses panjang dr klinik trs RSGM baru di RSHS ,dapet jadwal 1,5 bulan kemudian hahahhha

      Hapus
    3. iya seminggu setelah operasi kak.. masih ngilu2 gitu, tapi recovery nya ga terlalu lama kok.. iya memang jadwal nya lama.. saran aku, sekitar seminggu sebelum operasi, kakak pastiin lagi untuk kamarnya yah, takutnya penuh kak walau sudah pesan jg...

      Hapus
    4. Pastiin kamarnya ke mana kak ? telfon ke call center? btw kalau mau minta kamar itu daftar ke gedung anggrek itu ya?

      Hapus
    5. lebih baik langsung datang kak ke tempat registrasi kamar. kalau memang belum dapat kamar, langsung infokan ke departemen bedah mulut supaya dibantu dicarikan kamarnya kak. soalnya aku waktu itu sempet kesusahan cari kamar sampai dibantuin dari departemen bedah mulutnya langsung..

      Hapus
    6. wahh,,bisa toh minta kamar seminggu sebelum nya.. makasih loh kak infonya . sangat terbantu :')

      Hapus
    7. sebenernya idealnya tuh dari sebulan sebelumnya kak, karena kan itu rumah sakit pusat dari seluruh Jawa Barat yg pakai BPJS akan ke sana, jadi pasti ngantri banget kan. kalau dari pengalamanku kemarin memang lebih baik kita lebih aktif kak, at least dari 1-2 minggu sebelumnya kita sudah memastikan kamarnya lagi :) sama2 kak, good luck yah :)

      Hapus
    8. Haii kak! Aku udha ini oprasinya , tapi kenapa gusinya bolong banget kaya kawah ya yg kanan? Pdahal yg kiri nutup" aja :(

      Hapus
    9. wahhh akhirnya.. iya kak kan giginya dicabut kak, dan mungkin posisinya atau besar giginya ada yg berbeda.. hehe.. nanti juga akan menutup sendiri kok.. semoga cepat pulih ya kak! :)

      Hapus
  6. Sis mau tanya, pasca operasi dari pihak rs ad menyediakan makanan ga yaa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai kak... kalau rawat inap disediakan kok kak :)

      Hapus
  7. Kk jd bius total ny cuma d infus aja yh ngk d suntik ke gusi kan 😨😨

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo bius total pasti diinfus kak, utk yg suntik di gusi kurang tau kak karena kita kan sedang tidak sadar... hehehe

      Hapus
    2. Qlo operasi gitu di pasang kateter gk?

      Hapus
  8. Sukur deh lau d infus bius ny, lihat d yt pd d gusi kan serem nahan sakit ny, aku mau operasi jg tgl 17nih kk masih cari" info kayak ny seream op gigi dr pd op sesar kk 😅😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe sebenernya ga semenyeramkan itu qo kak.. semoga lancar ya! :)

      Hapus
  9. Kok serem sih kak hehe. Harus menginap ya ? Aku juga ada impaksi gigi mengharuskan 3.. sebenarnya bius total sama enggak itu bedanya apanya sih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau operasi bius total memang hrs menginap kak.. :)
      sebenarnya bius total/tidak itu tergantung dr hasil pemeriksaan dokter kak.. kalau memang bisa 1 per 1 dicabutnya dan tidak ada resiko terkena syaraf dll, aku rasa dokter juga tidak akan menyarankan untuk dibius total kak.. cukup dengan bius lokal saja dan tindakannya seharusnya cepat qo kak.. :)

      Hapus
  10. Setelsh ops sakit ga ? Krn sy pernah cabut gigi sakit ny luar biasa..ap lg sy pny impaksi 3gigi dan hrs ops jg😭 ga kebayang sakit ny gmn..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sakit kak, tp dikasih obat penahan sakit kok :)

      Hapus
  11. Ini saya jg baru slsai operasi tgl 18 kmrn.4 gigi yg d cabut.. Rasanya luar biasa yahh kak hahaha
    Sakit bgt pas baru brs operasi.
    Tapi gak bengkak pas bres operasi. Bengkaknya malah pas d kompres es, mgkn krn tdr miring jd bengkak sblh. Dan malamny tdr miring sbaliknya jd bengkak jg pdhl sblmny tdk bengkak.
    Saya ini kebas kak sampe skrg. Kira2 sampe kapan yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya hehehe... wah syukurlah kalau ga bengkak pasca operasi, jd tidak seperti lg makan baso pipinya yaa... hehehe...
      aku waktu itu sampai benar2 pulih dr kebas di dagu, kurang lebih 1 tahun kak, mungkin dipengaruhi gigi yg menyentuh syaraf ya :) Sampai saat ini kadang2 ada rasa kebas, tapi tidak seperti sehabis operasi kebasnya kak... semoga cepat pulih ya!

      Hapus
  12. Justru habis kompres stlh operasi bengkak kak.
    Waduuhh lma yaa kak pulih dr kebasnya. Iya kali ya krn bersentuhan syaraf. Tdsih dokterny blg dr gigi yg tidur bgt. Huhu laper tp sakit

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo... maaf baru balas... gimana kabar gigi dan kebas nya? semoga sudah pulih ya :)

      Hapus
  13. Kak, saya juga deket syaraf gigi bungsunya. Kebas tu seperti apa ya? Lidahnya mati rasa ga ya? Apakah mengganggu aktivitas sehari2? Jd takut

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai.. kebas itu seperti mati rasa.. sebenernya ga terlalu ganggu qo :)

      Hapus
  14. Halo kak. Perkenalkan saya yuli dari Batam. Tgl 20 kmrn saya jg baru melakukan odontektomi utk yg kedua kalinya. odontektomi yg pertama di thn 2016 hanya dengan bius lokal dan yg sekarang dg bius total krna posisi gigi terlalu dalam. Sebelum odon, saya baca dulu blog kakak jd membuat saya agak rileks yg sebelumnya dah deg2an bgt😅😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo.. salam kenal ya :)
      gimana kabar gigi kamu sekarang? semoga sudah pulih ya...
      Syukurlah kalau blog ini bs membantu :) terima kasih ya..

      Hapus
  15. Halo kak.. Sy mau tanya soal rasa kebas apa masih berasa ?? Sy ada pemgalaman ini tgl 16 August kmrin cabut 2 gigi sblh kiri utk behel.tapi sampai detik ini bawah bibir hingga dagu yg sebelah kiri aja masi rasa kebas (rasa nyeri kalo disentuh) kepikiran akunya kak ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai kak... utk sekarang kadang2 masih baal dagunya, terus kalau minum air dingin, rasanya di dagu ky ada yg ngalir... hehehe...
      gpp kak, mungkin waktu lg cabut gigi, ada yg menyentuh syaraf, tp seharusnya segera pulih qo kak... :)

      Hapus
  16. Hai kak...
    Mau tanya dong kalo odontektomi itu ada prosedur pemasangan kateter/selang pipis sebelum operasi ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai kak... tdk ada pemasangan kateter ya kak... :)

      Hapus
  17. Halo Kak, sebelumnya terima kasih ya sudah memberikan info lengkap di blog ini, saya jadi lebih kebayang prosesnya. Minggu lalu saya akhirnya operasi gigi bungsu juga untuk 4 gigi. Lalu lusa saya dijadwalkan untuk angkat jahitan. Tapi saya khawatir gimana caranya jahitan dilepas kalau mulut saya sampai saat ini belum bisa terbuka lebar-lebar, paling hanya bisa masuk 1 jari aja. Kalau dulu Kakak ada keluhan yang sama ngga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kak.. syukurlah kalau pengalaman sy berguna yah... :)
      sama kak, sy jg sulit buka mulut lebar2, tapi tetap bisa dibuka jahitannya kok... tenang aja ya kak :)

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Iya Kak berguna sekali, dari beberapa minggu sebelum operasi saya baca terus blog ini. Pas hari H jadi lebih tenang dan ngga kaget krn udah tau prosesnya. Hehe.
      Oh memang gitu berarti ya. Syukurlah kalau gitu. Terima kasih jawabannya, Kak. Sehat selalu :)

      Hapus
  18. Kak nanya lagi, aku baru selesai multi odon Rabu kmren. Q sama sekali ga minum pereda nyeri , cuma minum antibiotik aja. Gapapa kan ya? Sama gosok gigi nya gimana ya, susah banget mau gosok gigi bagian dalam karna susah mangap

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai kak, maaf baru balas ya...
      gpp kak kalau memang bs ditahan sakitnya, karena pereda nyeri itu tidak wajib kok sebenarnya... yg penting antibiotiknya dihabiskan yaa...
      gosok gigi emang rada susah kak, sering2 kumur pakai antiseptik yaa... :)

      Hapus
  19. Kak, bekas operasi kakak masih bolong ga? Kok q yg Deket dinding mulut itu agak bolong ya hbs buka jahitannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai kak.. maaf baru dibalas ya... sekarang pasti sudah pulih ya ka :)
      untuk awal2 memang ada lubangnya kak, tp akan mengecil perlahan2 kok... :)

      Hapus
  20. Hai ka..aku mau nanya nih, kalau aku ini rencana hari senen besok mau oprasi impaksi gigi, jumlah gigi yg hrs dicabut 7 ,gimana ya kira kira rasanya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai kak.. maaf baru dibalas ya..
      bagaimana operasi nya kak? pasti sudah pulih ya :)

      Hapus
  21. Mau nanya nih iia.. Saya juga baru melakukan operasi gigi bungsu dengan bius umum/total, trus waktu pulang saya di resepkan dokter obat aclam500 sama analtram.yg ingin saya tanyakan apakah mbak nya juga di resepkan obat yg sama ? Soal nya 5 menit setelah saya konsumsi obat itu, saya jadi ngantunk banget, kepala pusing, badan lemes..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai kak maaf baru dibalas ya..
      maaf kak kebetulan saya lupa waktu itu diresepkan obat apa. Tapi seinget saya, tidak sampai jd ngantuk banget dll, itu lebih ke efek samping dr bius total yg sebelumnya kak..
      sekarang mudah2an kakak sudah pulih ya :)

      Hapus
  22. Salam kenal kak. Sy jg impaksi tp manu mundur. Yg saya takutin bukan proses op nya. Tp lbh ke infus dan bius nya. Krn sakut bgd ya kak. Dr cerita kk jg sakit bgd disuntik dan bius.krn trauma infusan g masuk2 ke tangan sy sampai bengkak.. apa di infusnya jg sakit bgd kak? Krn denger2 jarumnya lbh besar dr infus biasa 🙏. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai kak.. salam kenal juga ya.. maaf baru dibalas..
      tenang aja kak, sakitnya tidak seberapa dibandingkan sakit jangka panjang kalau impaksi nya tidak ditangani qo...
      bagaimana kabar rencana operasinya kak? Semoga dilancarkan selalu ya :)

      Hapus
  23. Halo kak, aku baru saja d cabut gigi bungsu 4 sekaligus, jam 1/2 9 malam tp hingga esok hari nya mukut terasa baal, aku takut kak, mulut aku mati rasa aku takut seumur hidup begini tolong pemcerahannya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai kak.. maaf baru balas ya..
      tenang aja kak, seharusnya tidak sampai seumur hidup qo..
      cuma emang waktu itu saya agak lama baal nya baru hilang..
      semoga sekarang kakak sudah pulih ya :)

      Hapus
  24. Kira kira berapa lama ya dagu dan gigi bawah baal nya??aq dah 4 hari nih pasca odontrktomi masih baal sebelah kiri bibir gigi dan dagu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai kak... utk penyembuhannya kurasa berbeda-beda setiap orang, kalau aku pribadi yang baal banget nya itu semingguan, tapi setelah itu masih ada baal untuk beberapa bulan krn aku memang deket banget sm jaringan syaraf :) semoga cepat pulih ya kak

      Hapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Kakak aku mau tanya aku sekarang umur 16 tahun baru selesai operasinya dua hari yang lalu,kalau rasa mati rasa di bibir sama dibawah dagunya masih terasa tidak kakak?sama agak redaannya butuh berapa lama untuk mati rasanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai kak... wajar kok kalau masih mati rasa, untuk penyembuhannya sendiri setiap orang berbeda2, tp rata2 dalam waktu 1 bulan seharusnya sudah membaik ya kak.. semoga cepat pulih ya ^^

      Hapus
  27. K ak takut bget mau op sekaligus 6 gigi 10 HR LG..😭di cabut 6 blkg smua LG.

    BalasHapus
  28. baru aja kemarin cabut 2 kanan kiri wkwk

    BalasHapus
  29. Kak wktu itu daftar nya di gedung mana kk? D gedung anggrek kah atau d gedung apa ya? Aku rencananya mau ambil gigi bungsu harus semua bungsu d cabut. Cmn aku bingung langkah2nya pendaftarannya soalnya aku bru pertama kali mau pake bpjs nih kak

    BalasHapus
  30. jd deg2an dong, di rumah sakit seminggu anakku gimana 😁

    BalasHapus