Blinking Cute Box Panda -->

Cursor

Cute Unicorn

Rabu, 04 Juli 2018

Piercing Telinga

Dasar labil, di sore cerah ceria ini tiba2 saya pengen nambah tindikan. Iya, ga salah baca qo. Saya ingin menambah tindikan di usia 27 tahun ini. Terlambat gaul? Nggak qo. Iseng ajaaa...

Jadi sebenarnya dulu telinga saya punya 4 tindikan, masing2 ada 2 di setiap telinga. Ga macem2 qo, semuanya di lobe dan upper lobe. Dulu saya ditindik waktu kelas 1 SMA, kira2 12 tahunan yang lalu. Hihihihi... Maklum abege.......
Menjelang bekerja setelah lulus kuliah, ceritanya saya masih lugu gitu. Saya pikir kalau kerja tidak boleh punya lubang tindikan lebih dari 1. Jadi dengan polosnya, saya lepas deh anting2 di upper lobe sehingga cuma menyisakan tindikan di tempat yang "normal".

Ketika sekarang saya iseng2 nusukin anting2 saya ke tindikan di upper lobe, dari depan masuk (horeee) eh belakangnya nyangkut alias mentok donk! Ternyata lubang tindikan saya waktu abege itu sudah mampet. Ya iyalah, lubangnya kan dibiarkan begitu saja selama 5 tahun...
Nah berkat keisengan saya itu jadilah keisengan saya bertambah lagi, yaitu bikin tindikan lagi.. Hehehe


Browsing sana browsing sini, akhirnya saya tertarik untuk membuat lubang tindikan dengan jarum alias piercing. Kenapa dengan jarum? Kenapa ga dengan alat tembakan aja yang cepat dan hampir tanpa rasa sakit? Ini penjelasan singkatnya yah, hasil dari saya cari info kesana sini.

Membuat lubang tindikan itu ada 2 metode, yaitu dengan jarum berongga dan menggunakan piercing gun. Setiap metode itu tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing2.
Kalau mau membuat lubang tindikan dengan cepat, saking cepatnya sampai ga sakit? Bisa pakai piercing gun. Tapi, piercing gun ini membuat kulit kamu lebih trauma karena piercing gun menggunakan anting dengan ujung tumpul yang ditembakan dengan sangat cepat ke kulit (misalkan lobe telinga kamu), dan saking cepatnya sampai merobek kulit dan terbentuklah lubang tindikan tersebut. Sayangnya piercing gun seringkali tidak dibersihkan dengan benar, karena mungkin penggunanya berpikir kalau piercing gunnya tidak bersentuhan langsung dengan kulit. Padahal sebenarnya piercing gun harus tetap dibersihkan dengan benar loh untuk meminimalisir adanya bakteri yang menyebabkan infeksi. Masalah lainnya adalah piercing gun ini sulit untuk disteril (misalkan menggunakan autoclave) karena bisa rusak kalau terkena panas berlebih. Selain itu piercing gun didesain untuk tenpat yang “normal” seperti lobe dan upper lobe, karena kalau digunakan ke lokasi lain (misalnya cartilage/tulang rawan bagian atas telinga dan hidung) beresiko bisa merusak jaringan di sekitarnya. Biasanya anting bawaan harus dilepas setelah 3 hari, kemudian diganti dengan anting baru berbahan emas/perak, dan saat melepasnya itu harus sangat cepat kalau tidak lubangnya bisa tertutup lagi.
Kira2 begini penampakan piercing gun :

Sumber : www.google.com


Metode tindik lain adalah menggunakan jarum. Jarum yang direkomendasikan adalh jarum berongga atau abocath (jarum infus). Jarum ini memiliki ujung yang sangat tajam, sehingga bisa membuka kulit tanpa memberikan trauma berlebih kepada kulit. Biasanya piercer profesional akan merekomendasikan abocath ini, karena lebih higienis dan sekali pakai. Tindik menggunakan abocath juga dapat meminimalisir terbentuknya keloid dan penyembuhannya lebih cepat. Selain itu lubang hasil tindikan akan lebih lurus dibandingkan menggunakan piercing gun.


Dulu waktu SMA saya ditindik menggunakan piercing gun, murah banget dulu cuma 30ribu untuk 2 lubang termasuk antingnya. Ga sakit juga, cuma kaget waktu ditembak dan panas nyut2an dikit. Tapi besoknya nyut2annya ga hilang, malah lubang tindikannya bengkak banget dan berair. Setelah 3 hari saya harus ganti anting, dan itu sakiiiitttt banget. Sejujurnya itu membuat saya trauma, sampai saya pernah berpikir beberapa kali untuk tindik ulang kali ini.
Setelah mendapatkan info kalau tindik menggunakan jarum direkomendasikan, dan menguatkan mental juga, saya langsung menuju counter D’Paris di IP untuk eksekusi. Ngobrol2 sebentar sama mbak nya, dan langsung deh saya deal untuk piercing di upper lobe. Oh iya, untuk harga piercing dengan jarum lebih mahal daripada menggunakan piercing gun ya, 120ribu untuk jarumnya saja, kalau antingnya 80ribu 1. Jadi total untuk tindik 1 lubang+anting itu 200ribu.
Kaya gini nih bentuk abocath nya :


Sumber : www.google.com

Qo bentuknya seperti jarum infus ya? Iya, abocath itu memang jarum untuk infus. Ukurannya ada bermacam2, tapi untuk piercing telinga umumnya memakai yang warna hijau (diameter 18 mm) atau warna abu (diameter 16 mm).
Prosesnya cepat banget. Pertama, saya memilih anting mana yang mau saya gunakan. Setelah itu saya mengisi formulir pernyataan bahwa saya siap untuk melakukan tindakan piercing dengan segala resikonya. Sambil saya mengisi formulir, si mbak mempersiapkan segalanya mulai dari membersihkan tangan menggunakan alkohol, mensterilkan anting yang akan saya pakai, dan mempersiapkan alat2 yang akan digunakan. Setelah itu si mbak memberikan tanda di bagian telinga yang akan ditindik. Setelah ok, telinga saya dibersihkan dengan alkohol dan disemprot semprotan dingin dan langsung deh di cus.


Bohong kalau bilang ga sakit, tapi sakitnya bisa ditolerir qo! Dari skala 1 sampai 10, paling di skala 2. Setelah itu sedikit nyut2an dan selesai. Ga ada rasa sakit yang mengganggu, berbeda jika tindik menggunakan piercing gun seperti sebelumnya.


Sedikit tips dari saya untuk kamu yang mau dipiercing :
1. Setelah di piercing, jangan lupa bersihkan luka tindikannya dengan air hangat yang dicampur garam sehari 2 kali, antingnya bisa diputar2 supaya bagian dalam tindikannya tidak lengket. Kalau saya kadang malas ke dapur, jadi saya bersihkan pakai air softlens, and it works loh!
2. Jangan sering2 memegang luka tindikan. Dan kalau kamu lagi memegang luka tindikannya, pastikan sudah cuci tangan dengan bersih ya.
3. Pastikan luka tindikan selalu kering. Kalau habis mandi dan kebasahan, dikeringkan pakai tissue bersih ya.
4. Selama seminggu pertama, tidur miring saja, jangan sampai telinga yang ditindik tertindih.


Sekarang sudah 2 minggu sejak tindikan di upper lobe kiri saya dan 1 minggu sejak tindikan di upper lobe kanan saya. Dan saya tidak merasa ada masalah dengan tindikan saya. Yang terpenting adalah after care nya, karena kalau after care nya tidak bersih, beresiko infeksi. Hiiii.......


Kalau disuruh milih, mau tindik dengan piercing gun atau jarum, kamu pilih yang mana hayo?

34 komentar:

  1. "Jadi total untuk tindik 1 lubang+anting itu 200ribu." Berarti kalau sepasang di telinga kanan-kiri itu totalnya 400rb ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai kak... iya kalau sepasang jadinya 400rb (kalau harganya belum naik ya) :)

      Hapus
    2. Kak btw jarumnya kok mahal banget ya padahal satu jarum abochat itu murah gak sampek 20rb

      Hapus
  2. Itu anting nya 1 80ribu nanti setelah 3 hari harus di ganti kan ya ? Atau bisa pake yang itu aja ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai kak... ga harus diganti kak, bs pake yg itu aja.. aku aja sampai sekarang masih pake anting yg itu qo... :)

      Hapus
  3. Hai kak mau nanya, semua counter d paris melayani tindik kah? Terus apa boleh bawa anting sendiri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai... setau aku semua counter d paris melayani tindik kak... kemarin waktu aku lg beli anting, katanya kalau mau piercing bs pakai anting yg aku bawa, tapi memang antingnya waktu itu aku beli di d paris sih... gak tau kalau antingnya bukan dr d paris ya kak... :)

      Hapus
  4. Saya baru aj dr D'Paris td.. Niat tambah tindikan.. Tp jujur deh krn gk piercing gun lg jd td gk jd.. Aslinya liat jarumnya takut.. Tp setelah baca ini jd agak berkurang penasarannya..
    Cm ada dikit ragu krn tkt kerasa sakit bgt..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kak... Kalo menurut aku untuk sakitnya masih bisa ditoleransi kok... At least untuk penyembuhan dan prosesnya masih better daripada piercing gun... :)

      Hapus
  5. Finally sy beranikan diri di piercing tusuk.. Ternyata tidak sesakit yg sy kira.. Sy piercing ke 8 dan yg terbaru di tragus.. Memang lebih aman ternyata dan lbh cepat penyembuhannya.. Mksh yaa info dan masukannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kak... syukurlah kalau reviewnya berguna ya kakk... :)

      Hapus
  6. Kak mau nanya, dulu waktu nyari kerja masih ada bekas tindiknya yg di upper lobe ga? Trs jadi susah nyari kerjanya ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai kak... maaf baru dibalas yaa...
      bekas tindikannya ada, tp tidak terlihat jelas sih... gak ngaruh dengan susah cari kerja kok kak... hehehehe

      Hapus
  7. Kak mau tanya ni
    bisa tindik di atas telinga jg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo kak.. maaf baru dibalas ya...
      kebetulan saya tidak bisa tindik kak, bs langsung tanya ke counter piercing ya kak :)

      Hapus
  8. Hallo kak, ini pas prosesnya langsung ditusukin pake tangan gitu aja ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai kak maaf banget baru balas... iya itu menggunakan tangan kak, tidak pakai piercing gun... ^^

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Hello kak mau tanya, itu awal awal di piercing, selepas mandi untuk mengeringkannya, apa anting nya di lepas dulu atau tidak?

    Kalaupun mau dilepas untuk diganti ke yang baru maksimal berapa hari terhitung awal piercing kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai kak... jgn dilepas dulu ya kak... kalau aku waktu itu sampai kurang lebih seminggu dan sudah sembuh lukanya baru aku ganti antingnya... kalau bisa jgn dilepas2 dulu ya kak takutnya lubangnya nutup lagi ^^

      Hapus
  11. Kak kalau aku diemin doang antingnya gak diputer2 terus gapapa kan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya diputer2 kak soalnya di lubang tindikannya pasti akan ada cairan bening yg fungsinya utk menutup luka.. kalau tidak diputer2 nanti cairannya mengering, dikhawatirkan malah jd lecet nanti ketika buka anting nya setelah sembuh/malah jadi membuka luka lagi :)

      Hapus
  12. Diputer2 terus sampai kering atau pas awal2 seminggu baru nindik aja kak?

    BalasHapus
  13. hai kak maaf mau nanya, kira-kira waktu dari tindik sampe kering berapa lama ya kalo pakai jarum? yang kakak sudah kering belum?

    BalasHapus
  14. Kalo lubangin telinga doang harganya 1 lubang tetep 200 kah? Apa yg 200 itu termasuk sama anting yg dibeli dr toko tsb ?

    BalasHapus
  15. Kak seminggu yg lalu saya tindik di cuping telinga. Itu sembuhnya berapa lama ya soalnya kalau kesenggol masih nyut"an

    BalasHapus
  16. Infoin alamat d Paris dong..please

    BalasHapus
  17. kak, kalo keramas gimana? keramas biasa aja atau sampe hati2 gituu. oiya aku kan pakai kerudung, kalo piercingnya kena kerudung kira2 ada kemungkinan infeksi ngga ya? terima kasih

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Sis itu sbluM ditusuk dikasih obat bius gak telinganya??? Aku pengen bgt nambahin 1 tindikan di telinga kanan tapi takuT sakiT 😭
    Oh iyha abis tindikan kamu ada minuM obaT apa gtu gak ?? Pengering luka atau obat penangkal nyut nyut luka misalnya ??

    BalasHapus

    BalasHapus
  20. Apakah rasa sakitnya sama kayak disuntik atau diinfus gitu?

    BalasHapus