Blinking Cute Box Panda -->

Cursor

Cute Unicorn

Senin, 02 Juli 2018

Operasi Gigi Bungsu Bius Total Pakai BPJS (part 1)

Siapa yang gigi bungsunya bermasalah? Ngacung!!!
Iya, saya salah satu orang yang memiliki masalah dengan gigi bungsu, sampai akhirnya saya bebas dari masalah pergigian ini di akhir tahun lalu! Horeeeee......
Dan lebih hore nya lagi, saya bebas dari masalah gigi bungsu ini GRATIS! Hore lagiii......

Jadi ceritanya, sekitar bulan Januari 2017 saya mulai mengeluh masalah gigi saya yang sedikit mengganggu ini (awalnya). Saya seringgg banget ngerasain yang namanya ngilu, kadang lagi minum air putih aja suka ngilu, tapi saya pikir waktu itu saya punya masalah gigi sensitif. Akhirnya berbekal kartu BPJS yang ga pernah dipakai (yeayyy perdana pakai!), saya mampir deh ke klinik Monalisa di Jln. Moh Ramdan bandung untuk nanya2 ke dokter gigi disana. Saya agak terpesona dengan pelayanan disini karena sama sekali tidak membeda2kan untuk pasien BPJS dan umum loh!
Disini saya dirujuk oleh dokternya untuk rontgen gigi di rumah sakit Immanuel, dan besoknya saya langsung meluncur ke rumah sakit untuk di rontgen, gratis ga pake lama karena antriannya sudah jauh lebih teratur dibandingkan dulu (ngeri kalau denger gosip2nya jaman dulu BPJS ngantrinya luar biasa) ✌️ Dan singkat cerita ternyata gigi bungsu saya tumbuhnya ga bagus sehingga bikin ngilu. Solusinya? Dicabut alias dibedah karena posisi gigi yang tertidur nyenyak di dalam gusi. Dan jawaban saya waktu itu? Big NO, Dok... ga punya nyaliiii... lagian tidak terlalu mengganggu qo sebenernyaaa (ngeles).....


Beberapa bulan kemudian tepatnya bulan Juni 2017, tiba2 mulut saya ga bisa dibuka sama sekali. Iya, mingkem aja! Kalau dibuka sakitnyaaaa luar biasa, padahal malam sebelumnya masih normal2 aja. Saya pikir saya panas dalam. Langsung deh minum segala senjata yang bisa diminum, mulai dari cap kaki saingannya badak sampai lohankuo yang katanya manjur untuk panas dalam. Dan 3 hari kemudian... tidak ada efeknya saudara2! Berhubung kerjaan saya itu diharuskan ngomong terus seharian, saya jadi hobi marah2 ga jelas. Sakitnya bikin keki deh!
Menyerah, sesuai anjuran baginda raja alias papah tercinta, sore itu saya konsultasi ke dokter gigi di klinik Elim. Ga pake BPJS, udah pengen cepet2 sembuh aja soalnya. Terserah dokter deh mau kasih obat apa juga yang penting saya saya bisa mangap bebas lagi.

Dokter : sambil cek ricek mulut yang dipaksa mangap “wah ini dinding mulutnya merah. Bisa jadi dari gigi bungsu nih. Di rontgen ya!”
Saya : nunjukin hasil rontgen waktu Januari sambil tetep mangap maksimal (yang tetep mentok cuma bisa 1 jari)
Dokter : “kalau saya lihat ini gigi bungsu kamu impaksi. Tapi ini hasil rontgen awal tahun ya, masih bisa dipakai sih. Tapi tetep aja gigi kamu harus dicabut karena posisinya mengganggu.”
Saya : muka pucat. Ngeri ngebayanginnya. Saya paling takut dicabut giginya, Dok!
Dokter : “saya kasih antibiotik dulu ya seminggu. Minggu depan kontrol lagi. Ini untuk gigi bungsu yang kiri atas udah nongol sih seharusnya bisa dicabut biasa.”
Dan seminggu kemudian, gigi bungsu saya yang kiri atas bisa dicabut biasa dan menyisakan 3 gigi bungsu lagi yang harus segera dicabut....


Tanya sana tanya sini, konsul sana konsul sini, jawaban semua dokter gigi tetap pada vonis sisa 3 gigi saya harus dicabut. Tidak ada tawar menawar lagi! Karena posisinya gini nih (rontgen ulang setelah dicabut giginya) :


See? 2 gigi bungsu saya yang di bawah posisinya tidur cantik... bukan cuma dalem gusi aja, tapi udah di dalem tulang dan hampir menyentuh jalur syaraf (garis putih di bawah gigi tidur). Sooo....???

Setelah tanya2 ke rumah sakit swasta, biayanya mahal aja yah, 20juta untuk operasinya aja, belum termasuk rawat inap dan obatnya. Nyesekkk... Akhirnya saya putuskan untuk coba pakai BPJS aja deh!


Faskes tingkat 1 :
Jadi pertama2 saya datang ke Faskes tingkat 1, yaitu klinik Monalisa. Setelah di cek giginya dan lihat hasil rontgennya, saya dirujuk ke Faskes tingkat 2 yaitu RSGM Jln Riau. Oh iya, surat rujukan dari 
Faskes tingkat 1 hanya berlaku 1 bulan yah! Kalau lewat 1 bulan, harus minta surat rujukan lagi alias memulai step dari awal lagi.


Faskes tingkat 2 :
Pagi2 saya udah nangkring di RSGM Riau. Jam 8 teng dan ternyata saya kehabisan nomor antrian! Hiks... jadi ternyata untuk dokter bedah mulut hanya dijatah sekitar 20-30 nomor antrian saja per harinya. Akhirnya besoknya, si suami bela2in jam 5.30 pagi  nangkring di RSGM untuk ambil nomor antrian sedangkan saya masih bobo cantik. Hahaha
Jam 8 pagi saya baru deh nongol di RSGM untuk registrasi ulang dan ngantri dokternya. Nunggu sekitar 1,5 jam dan akhirnya saya dipanggil juga. Dan ternyata masalah gigi saya masih tidak bisa ditangani di RSGM donkkk... jadi saya dirujuk lagi ke Faskes tingkat 3 yaitu Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS).


Faskes tingkat 3 :
Mau pengobatan dengan BPJS memang harus perjuangan ekstra.
Pagi2 sekitar bulan Agustus 2017, saya ngantri untuk konsultasi dulu dengan dokter gigi di RSHS. Karena ini pertama kalinya saya ke RSHS jadi saya tidak ada nomor rekam medisnya, alhasil terpaksa saya ambil nomor antrian manual untuk pendaftaran. Nah kalau kita sudah punya nomor rekam medis, kita bisa ambil nomor antrian secara online di aplikasinya, bisa didownload di hape kamu! (Nada iklan)
Cek ricek dengan dokter gigi di sana, akhirnya saya dibuatkan surat rujukan untuk melakukan tes lanjutan karena 3 gigi bungsu saya akan dibuang sekaligus. Iya, sekaligus. Bius total! Syok? Pasti. Tapi setelah dipikir2 lagi lebih baik sakit sekaligus daripada tiap bulan selama 3 bulan harus sakit gigi terus karena giginya dicabut 1 per 1. Hehehe...

Besok2nya saya isi hari2 saya dengan mengantri. Walau udah ambil nomor antrian secara online, tetap saja harus ngantri, walau tidak seheboh kalau kita ambil nomor antrian secara manual yang bisa dapat nomor ratus2an bahkan ribuan. Untungnya kantor saya pengertian banget, daripada karyawannya ini ngoceh terus sakit gigi kali yah! Hehehehe.....

Pertama2 saya diharuskan CBCT-scan dulu karena dari hasil rontgen ada massa yang mencurigakan takutnya tumor. Sejujurnya saya agak ciut waktu itu, karena parno duluan denger kata tumor. Proses CbCT-scan itu sendiri saya lakukan di RSGM Unpad karena waktu itu alatnya di RSHS sedang rusak. Untuk CBCT-scan ini memang tidak ditanggung BPJS, tapi ga mahal kok. Ga nyampe 300ribu. Dan sebenarnya ini opsional karena tidak semua yang akan dioperasi gigi harus melakukan prosedur ini.
Hasil CBCT-scan keluar 1 minggu kemudian dan puji Tuhan massa tersebut cuma sinus. Horeee.....

Setelah itu besoknya saya diharuskan foto rontgen thorax dan tes darah. Semuanya dilakukan di RSHS dan tentunya ditanggung BPJS. Hore lagiiii.....

Setelah hasil rontgen thorax dan tes darah selesai (hasilnya baru keluar besoknya), saya dirujuk untuk menemui dokter ahli penyakit dalam dan dokter anestesi. Mereka yang akan meng-acc apakah saya boleh melakukan operasi atau tidak, karena bius total sehingga harus lebih selektif. Dan puji Tuhan saya di acc untuk lanjut operasi.

Setelah di acc, saya langsung mendatangi departemen bedah mulut untuk dilakukan penjadwalan operasi. Dan karena H-2 sebelum operasi sudah harus masuk rumah sakit (untuk memastikan kondisi pasien siap dan stabil) dan H+1 baru bisa pulang, saya memilih jadwal di awal minggu. Jadi saya merencanakan untuk masuk rumah sakit di hari Senin untuk operasi hari Rabu, hari Kamis pulang, dan Jumat-Sabtu-Minggu bed rest di rumah. Maksudnya biar cuti kantornya seminggu aja gitu... dan akhirnya saya dijadwalkan untuk operasi 1 bulan kemudian, yaitu pada tanggal 27 September 2017. Jadi saya harus masuk rumah sakit dari tanggal 25 September supaya operasi bisa berjalan sesuai jadwal.


Tanggal 25 September 2017....
Hari ini jadwalnya saya masuk rumah sakit! Setelah dengan sukarela menawarkan diri aendiri untuk masuk rumah sakit, ternyata kamarnya masih full dan saya baru akan mendapat kamar besoknya. Waduh udah gundah gulana aja deh rasanya. Untungnya dokter2 dari departemen bedah mulut bener2 membantu banget. Mereka membantu saya untuk segera masuk kamar pada hari Selasa tanggal 26 September karena saya harus dioperasi tanggal 27nya, kalau tidak saya terpaksa harus reschedule jadwal operasinya. Terharu deh, padahal saya cuma pasien BPJS loh....

Dan akhirnya saya masuk kamar tanggal 26 nya, mundur sehari dari rencana. Tapi puji Tuhan jadwal operasi saya tetap di tanggal 27 nya karena kondisi saya fit.
Saya menginap di gedung Kemuning kelas 2, ruangannya bersih dan tidak sehoror yang saya bayangkan sebelumnya. Suster2nya juga ramah2. Benar2 tidak dibedakan deh walau saya pasien BPJS! (Senanggg)
Setiap jam tekanan darah dan suhu badan saya diperiksa. Malam harinya saya didatangi oleh dokter anestesi untuk menginfokan bahwa beliau yang akan bertugas selama saya di bawah pemgaruh obat bius sampai sadar lagi. Saya diharuskan puasa dari jam 12 malam karena saya akan operasi pada jam 11 siang besoknya. Saya diberikan 2 macam obat yang harus diminum dengan air sesedikit mungkin. Selain itu saya wajib tidur dengan nyenyak malam sebelum operasi, jdi saya dikasih semacam obat penenang. Ok sip Dok!
Oh iya, tidak lupa tim dokter dari departemen bedah mulut donk. Mereka yang selalu nongol memberi saya info mengenai operasi saya, efek sampingnya, dan mereka juga yang hobi mengontrol tekanan darah saya selain suster. Yeayyy!

Pagi2 jam 4 subuh saya dibangunkan suster untuk mandi menggunakan sabun khusus anti bakteri sebelum operasi. Setelah itu saya dipasangkan infus (iya, dari kemarin saya belum diinfus tapi tidur di rumah sakit!). 1 jam sebelum operasi saya dijemput oleh dokter dari departemen bedah mulut menuju ruang operasi.

Sebelum masuk ruang operasi, saya dikarantina di ruangan depan ruang operasi itu. Saya sudah psrah dengan menggunakan pakaian khusus (tanpa dalaman kecuali celana dalam dan rasanya aneh banget).
Tiba2 seorang suster datang membawa suntikan yang katanya suntikn untuk tes alergi. Cussss... lengan saya disuntik dan rasanya wow! Suntikan tersakit yang pernah ada. Ciyus, ga lebay, beneran deh! Ditunggu 15 menit, ga ada reaksi alergi, dan saya siap dibawa ke dalam ruang operasi...


Berlanjut ke part 2

23 komentar:

  1. Dokter bedah mulutnya siapa ya? Dan penyembuhan setelah operasi gmn ?

    BalasHapus
  2. Waduh aku lupa nama dokter bedah mulutnya, tp setau aku dia praktek juga di rs melinda. Penyembuhan setelah operasi aku 1 bulan, dan selama 2 minggu pertama aku cuma minum yg lembut2, terus pelan2 belajar ngunyah lagi :)

    BalasHapus
  3. Mau nanya nih iia.. Saya juga baru melakukan operasi gigi bungsu dengan bius umum/total, trus waktu pulang saya di resepkan dokter obat aclam500 sama analtram.yg ingin saya tanyakan apakah mbak nya juga di resepkan obat yg sama ? Soal nya 5 menit setelah saya konsumsi obat itu, saya jadi ngantung banget, kepala pusing, badan lemes..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai kak.. utk pertanyaan ini sudah saya jawab di comment kakak yg di postingan selanjutnya ya :)

      Hapus
  4. Saya tgl 30-12-2019 kemarin baru saja melakukan operasi impaksi gigi bungsu, kira-kira sampai berapa lama saya harus makan makanan yang lunak lunak ya, tolong share bagi yang udah pengalaman. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai kak.. maaf baru dibalas ya.. pasti sekarang sudah pulih ya :)
      untuk makan makanan lunak waktu itu saya sekitar 1 minggu pertama, lalu mulai minggu selanjutnya saya mulai belajar makan makanan yg agak padat sampai benar2 pulih.. :)

      Hapus
  5. Kalo cabut 2 gigi pake bius total,brapa biayanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah aku kurang tau kak krn aku dicover full oleh bpjs kak :)

      Hapus
  6. Suami aq jg mau oprasi gigi bungsu dgn bius total, doakan semoga lancar ga.. Aminn

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai kak maaf baru dibales ya... sekarang pasti suami kakak sudah pulih ya... sehat selalu ya kak :)

      Hapus
  7. Suami aq jg mau oprasi gigi bungsu dgn bius total, doakan semoga lancar ga.. Aminn

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai kak maaf baru respon ya... amin, pasti sekarang sudah pulih ya kak :)

      Hapus
  8. Halo mba mau tanya, mbaknya operasi gigi waktu itu rahangnya udh kebuka 3 jari atau masih 2 jari ya? Mhn infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai kak... waktu operasi saya ga tau kebukanya berapa jari, kan saya nya tidur.. hehehe

      Hapus
    2. Oh iyaa jg mba.. Tapi waktu itu rahangnya ada tmj kah? Maksudnya apa rahangnya sakit sblm dioperasi

      Hapus
  9. kak kalo operasi gigi bungsu 2 sekalogus kanan kiri apa bakal dibius total?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai kak.. sepertinya kalau mau operasi 2 di sebelah kanan dan kiri sepertinya akan dioperasi satu per satu dan menggunakan bius lokal kak.. cmiiw :)

      Hapus
  10. kak pas di rontgen itu pake bojs bayar ga?

    BalasHapus
  11. kak pas rontgen gigi itu pake bpjs bayar lagi ga ?

    BalasHapus
  12. kak pas rontgen gigi itu pake bpjs bayar lagi ga ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo kak.. untuk rontgen gigi dengan bpjs tidak bayar lagi kak.. tapi harus ada surat pengantar dr dokter nya dulu ya..

      Hapus
  13. Halo kak, pas d operasi gigi di pasang selang pipis ga?

    BalasHapus
  14. Halo kak maaf mau bertanya kalo selesai ambil hasil rontgen itu dikasih kemana ya supaya dpt rujukan dokter anestesi?

    BalasHapus